Tiga Poin dari Tenggarong

Written By Admin on 18 Des 2011 | 09.04

Setelah mengalami kekalahan pada pertandingan tandang yang pertama, akhirnya Persipura Jayapura mampu membuktikan statusnya sebagai juara bertahan di Indonesian Super League. 

Bertandang ke Std. Aji Imbut pada Sabtu (17/8/11), Persipura sukses membungkam tuan rumah Mitra Kukar dengan skor tipis 1-2. Ini menjadi kekalahan yang menyakitkan bagi Mitra Kukar, pasalnya mereka bertindak sebagai tuan rumah.

Awalnya kedua tim bermain hati-hati, namun ketika pertandingan memasuki menit ke-5, kedua tim langsung memperagakan permainan ofensif. Jual-beli serangan terjadi di pertandingan ini. Mitra kukar yang dimotori Ahmad Bustomi terus menekan pertahanan Persipura, namun karena tangguhnya pertahanan persipura yang digalang Ricardo Salampessy membuat mereka frustasi.


Publik tuan rumah harus tertunduk lesu saat Persipura berhasil menjebol gawang Mitra Kukar. Berawal dari sebuah umpan manis Boaz Solossa melalui sepak pojok di menit 21, Zah Rahan berhasil menyambut bola dengan tandukan yang sukses menjebol gawang kiper Hendro Kartiko. Persipura pun unggul 0 – 1.


Hanya berselang tiga menit, Persipura hampir menggandakan keunggulan lewat aksi individual Boaz yang melewati 5 pemain Mitra Kukar, namun tendangan keras Top Scorer ISL musim 10/11 ini masih melenceng tipis dari gawang Hendro. Selamatlah gawang Mitra Kukar.

Keunggulan Persipura ini tidak bertahan lama karena Mitra Kukar sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pada menit 25, Nemanja Obric berhasil menjebol gawang Persipura. Playmaker ini berhasil memanfaatkan umpan tandukan dari Bent dengan melakukan tendangan keras yang berujung gol meski sempat ditepis Ferdiansyah. Setelah terjadi gol dari Nemanja Obric, Persipura lebih bermain aman dengan mengatur tempo permainan.

Persipura kembali mengancam di menit 40 lewat aksi Yustinus Pae yang melakukan tembakan keras di kotak penalti Mitra Kukar. Namun tendangannya masih melenceng dari gawang Hendro Kartiko. Skor sama kuat ini akhirnya bertahan hingga turun minum.


Di babak kedua, Mitra Kukar sebenarnya tampil lebih agresif dan terus mengurung pertahanan Persipura. Hasilnya, pada menit ke-50, bek Mitra Kukar, Pierre Njanka berhasil melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Persipura.


Pada menit 53, Persipura berhasil berhasil menjebol gawang Mitra Kukar sekaligus merubah kedudukan menjadi 1 - 2. Lagi-lagi Boaz Solossa menjadi kreator terjadinya gol kedua. Bola hasil sepak pojoknya itu berhasil disundul Bhio yang kemudian mengarahkannya ke Ricardo dan diteruskan ke Alberto ‘Beto’ Goncalves
 yang berhasil menyelesaikan peluang tersebut menjadi gol.

Tertinggal, Mitra Kukar langsung tampil lebih agresif. Peluang demi peluang terjadi, namun tangguhnya pertahanan Persipura membuat tuan rumah justru kebingungan menyusun serangan. Kembali lagi  Persipura yang berpeluang memperlebar keunggulan di masa injury time setelah tendangan keras Boaz masih melenceng dari gawang Mitra Kukar.

Alhasil skor 1-2 untuk keunggulan Persipura ini tetap bertahan hingga wasit Suharto membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Dengan hasil ini Persipura berhasil menyodok ke peringkat 6 Indonesian Super League  11/12.

Susunan pemain :

Mitra Kukar:
Hendro Kartiko, Abdul Gamal, Hamka Hamzah, Pierre Njanka, Isnan Ali, Arif Suyono, Nemanja Obric, Ahmad Bustomi, Lee Saong-min, Markus Bent, Jajang Mulyana

Persipura:
Ferdiansyah, Richardo Salampessy, Bio Pauline, Yohanes Tjoe, Ortizan Solossa, Gerald Pangkali, Zah Rahan, Ian Louis Kabes, Yustinus Pae, Alberto Goncalves, Boaz Solossa
(RWN)

0 komentar:

Posting Komentar