Persipura 2 - 1 Pelita Jaya , Semakin Kokoh

Written By Admin on 16 Jun 2011 | 10.07

Persipura Jayapura berhasil menaklukkan tim tamu Pelita Jaya dengan skor akhir 2-1 dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Kamis, 16 Juni 2011 sore kemarin di Stadiun Mandala Jayapura. 

Bermain didepan ribuan penonton, tim besutan Jacksen F Tiago tampil luar biasa. Bahkan hanya membutuhkan waktu dua menit untuk menjebol gawang Pelita Jaya yang sore kemarin dikawal M. Rahman. 

Dua gol yang tercipta dari Persipura dicetak oleh Zah Rahan dan "mesin gol" Boaz Solossa. Tambahan satu gol membuat Boaz semakin kokoh di puncak daftar pencetak gol terbanyak dengan mengoleksi 22 gol. Pesaingnya adalah Aldo Barreto (Persiba Balikpapan) dan Edward Wilson (Semen Padang) dengan koleksi 16 gol.

Kemenangan ini juga membuat Persipura kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 59 poin dari 27 laga. Sedangkan Pelita tetap di posisi 13 dengan 28 poin.

Proses gol (Kompas) :

Berawal dari penetrasi Lukas Mandowen di sektor kiri pertahanan Pelita. Dengan cepat Mandowen melepaskan umpan ke kotak penalti. Umpan tersebut langsung disambar Zah Rahan dengan sepekan keras yang membuat bola bersarang ke tengah gawang "The Young Guns".

Unggul 1-0, Boaz dan kawan-kawan terus melancarkan serangan. Pada menit ke-15, Boaz nyaris menjebol gawang Pelita. Beruntung bagi Pelita, M Rahman berhasil menepis tembakan Boaz.

Pelita tak mau menyerah. Egi Melgiansyah dan kawan-kawan terus berusaha membongkar solidnya lini pertahanan tim tuan rumah. Namun, Pelita tidak dibiarkan mengembangkan permainannya. Bahkan, Pelita nyaris kebobolan lewat tembakan keras Ortizan Solossa pada menit ke-32. Namun peluang tersebut sia-sia setelah Rahman berhasil memblok bola.

Gawang Pelita kembali mendapatkan ancaman hanya berselang lima menit. Boaz melepaskan tandukan keras memanfaatkan umpan silang Ortizan dari sektor kanan. Sayang, tandukan Boaz hanya melayang di atas mistar.
Selanjutnya, Persipura menguasai jalannya permainan. Namun hingga jeda, tidak ada gol yang diciptakan kedua tim.

Persipura langsung melepaskan ancaman pada awal babak kedua. Titus Bonay berhasil mencuri bola memanfaatkan kesalahan yang dilakukan lini belakang Pelita. Tidak ingin kehilangan momen, Tibo melepaskan umpan terobosan kepada Boaz. Dengan cepat Boaz melepaskan umpan silang. Sayang umpan tersebut gagal dimanfaatkan Tibo.

Persipura terus melancarkan serangan. Akhirnya, perjuangan mereka membuahkan hasil berkat gol yang diciptakan Boaz pada menit ke-76. Menguasai umpan Zah Rahan, Boaz langsung melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi M Rahman.

Pelita mendapatkan gol hiburan di masa injury time. Juan Ramirez berhasil menjebol gawang Persipura usai memanfaatkan umpan dari sepak pojok.

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Ferdiansyah; Ricardo Salampessy, Victor Igbonefo, Bio Paulin Pierre; Gerald Pangkali, Ian Luis Kabes; Ortizan Salossa; Lukas Mandowen (Titus Bonay 46); Zah Rahan, Boaz Salossa, Yustinus Pae (Stevie Bonsapia 66)

Pelita Jaya: M Rahman; Cristoper Doig (Irfan Priyanto 58), Edi Hapid Murtado, Troy Hearfield, Abdul Rahman; Mahdis Fariz, Egi Melgiansyah, Mustofa Aji (Engel Bert 46), Dedi Kusnandar; Joko Sasongko (Juan Ramirez 41), Safee Sali

(cka/Kompas)

0 komentar:

Posting Komentar