ISL - Persisam 3 - 1 Persipura

Written By Admin on 13 Des 2011 | 06.12

Persipura Jayapura harus mengakui keunggulan Persisam Samarinda. Bertindak sebagai tuan rumah, Persisam mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Beberapa kali Persisam melakukan varisasi serangan dan mencoba membobol gawang Persipura Jayapura melalui umpan-umpan silang namun kokohnya pertahanan Mutiara Hitam (Julukan Persipura) belum mampu ditembus.

Melihat Persiasam terus menyerang pertahanannya, Persipura berusaha keluar dari tekanan, hasilnya pada menit ke-23 Ortizan Solossa mengancam gawang Persisam melalui tendangan bebasnya setelah Beto di jatuhkan di luar kotak pinalty, sayang bola masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Usman Pribadi.

Dua menit kemudian, giliran Persisam yang memberi ancaman untuk pertahanan Persipura, namun Yongki Aribowo yang lolos dari kawalan Yohanis Tjoe gagal mengeksekusi bola sehingga kedudukan imbang tanpa gol tidak berubah.


Permainan nampaknya akan imbang di babak pertama, namun kecerobohan pertahanan Persipura berhasil dimanfaatkan Yongki yang berhasil mencetak gol perdananya untuk Persisam pada menit injury time babak pertama. Memanfaatkan umpan dari Cristian Gonzales, Yongki yang berdiri bebas dengan mudah menaklukkan Yoo Jae Hun dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.
Pada babak kedua, Persipura yang duluan berinisiatif untuk menyerang pertahanan Persisam dengan memasukkan Ian Louis Kabes menggantikan Christian Uron. Persipura terus berusaha menekan pertahanan Persisam yang dikomandoi M. Roby, namun belum ada ancaman yang serius. Hanya Bio Paulin yang mampu memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru untuk mencetak gol, namun sayang bola masih menyamping.

Pada menit ke-68, Persipura lagi-lagi memperoleh peluang emas, kali ini  melalui kaptennya Boaz memanfaatkan umpan matang dari Ian Kabes. Tetapi tendangan Boaz masih membentur bek Persisam sehingga bola menyamping tipis di sisi kanan gawang Persisam dan hanya menghasilakn sepak pojok.

Dua menit kemudian, ancaman Persipura akhirnya berujung dengan gol. Boaz yang melewati kawalan Isdiantono mampu memberikan umpan matang yang berhasil ditanduk oleh Beto Goncalves, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-1.


Boaz hampir mengubah kedudukan menjadi 2-1 jika mampu memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh pemain belakang  Persisam, namun tembakan Boaz masih terlalu lemah sehingga dapat diamankan dengan mudah oleh Usman.

Di lima menit terakhir babak kedua, Persisam mampu mengurung pertahanan persipura. Hasilnya, dua gol berhasil diciptakan pada menit ke-85 dan 86 untuk mengakhiri perlawanan Persipura. Satu gol berhasil decetak Luc Owana Zoa setelah mampu memnafaatkan kemelut di depan gawang Persipura dan satu gol lagi dicetak oleh Cristian Gonzales melalui sundulan memanfaatkan umpan Eka Ramdani.

Setelah tertinggal, Persipura menaikan tempo pertandingan, Titus Bonai ditarik keluar digantikan oleh Lukas Mandowen. Namun Persipura gagal mencetak gol di sisa pertandingan dan Persipura harus mengakui keunggulan tuan rumah Persisam Samarinda. (rwn)

0 komentar:

Posting Komentar